3 Alat Kopi Manual Unik yang Jarang Diketahui

alat kopi manual

Swivelcoffee – Meski sering menikmati berbagai jenis kopi, namun mungkin banyak dari anda yang tidak mengetahui jika ternyata ada begitu banyak alat seduh kopi manual dalam insdustri kopi di seluruh dunia. Tidak hanya beberapa nama seperti Kalita Wave, Walkure, French Press, Aero Press, Vietnam Drip, Turkish Coffee, Chemx dan pour over V60 saja, namun seiring berjalannya waktu, ada begitu banyak alat kopi manual lain yang tidak kalah menarik bahkan bisa dikatakan unik. Berikut ini, kami akan berikan beberapa alat kopi manual unik yang mungkin bisa menambah koleksi anda.

  1. Kinto Faro

Kinto Faro merupakan alat kopi manual yang berasal dari Jepang dengan bentuk yang terlihat seperti Walkure namun tetap memiliki beberapa perbedaan. Kinto Faro dan Walkure sama sama memiliki bentuk dua wadah yang saling bertumpuk. Namun alat kopi manual Kinto Faro sudah dilengkapi dengan filter dari metal lengkap dengan lubang mikroskopik.

Filter dalam alat kopi manual ini diletakkan dalam wadah porselain dengan satu lubang pada bagian bawahnya. Jika Walkure dilengkapi dengan banyak lubang di bagian sisi dan tidak dilengkapi filter, namun dalam Kinto Faro ini hanya memiliki satu lubang dan sudah dilengkapi dengan filter.

Dalam alat kopi manual ini terjadi dua penyaringan dan hasil seduhan umumnya adalah full bodied dengan clean finished. Persamaan dari Kinto Faro dan juga Walkure terletak pada warna putih, desain dan juga material yang sama sama terbuat dari high quality porcelain.

  1. Bodum Pour Over

Pour Over adalah alat kopi manual yang mungkin sudah sangat terkenal sekelas dengan Chemex, Kalita dan lain sebagainya. Namun untuk Bodum Pour Over mungkin masih banyak yang belum mengetahui dan bahkan mungkin belum pernah mendengar alat seduh kopi tersebut. Jika dilihat, desain dari Bodum Pour Over ini memang hampir serupa dengan Chemex yakni seperti bentuk jam pasir.

Namun untuk alat kopi manual Bodum Pour Over ini tidak butuh paper filter sebab sudah dilengkapi dengan metal filter khusus yang memiliki sekat. Beda dengan metal filter pada brand Albe Kone, dalam Bodum Pour Over ini mempunyai lubang mikroskopik yang lainnya.

Penemu ini percaya jika filter dalam alat kopi manual ini bisa menghasilkan cita rasa dan juga aroma kopi yang jauh lebih maksimal ketika dinikmati. Alat ini tersedia dalam 5 varian warna yakni biru, merah, putih, hijau dan juga hitam yang tidak hanya terlihat unik namun juga sangat indah.

  1. Balancing Syphon Coffee

Syphon merupakan alat kopi manual yang cukup terkenal dan bahkan hampir setiap orang pernah menikmati kopi dari alat tersebut. Namun untuk, Balancing Syphon Coffee sendiri adalah alat kopi manual yang memiliki desain mewah seperti para bangsawan Wropa sehingga terlihat sangat unik.

Tidak hanya desain alat kopi manual ini yang terlihat sangat unik, namun cara kerja alat seduh kopi ini juga berbeda dengan Syphon biasa yakni desainnya yang terlihat seperti timbangan dengan dua wadah yang berbeda.

Untuk wadah alat kopi manual yang di sebelah kiri merupakan tempat untuk menampung hasil kopi, sedangkan untuk wadah sebelah kanan merupakan water chamber sekaligus berguna sebagai teko. Air nantinya akan masuk ke dalam water chamber, sementara kopi dimasukkan pada wadah yang ada di sebelahnya.

Sesudah itu, nyalakan kompor yang ada di bawah alat kopi manual ini kemudian air akan dipanaskan dan nantinya akan pindah ke wadah kopi. Sesudah selesai, nantinya kompor akan mati dengan otomatis dan kopi akan berpindah ke water chamber kembali. Karena alat kopi manual ini sudah dilengkapi dengan kran, maka kran tersebut bisa langsung diputar untuk menikmati kopi nikmat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *