3 Kesalahan Menyeduh Kopi yang Paling Sering Dilakukan Dengan French Press

menyeduh kopi

Swivelcoffee – French press merupakan salah satu dari metode manual brew yang sudah banyak digunakan penikmat kopi seluruh dunia ketika menyeduh kopi. Namun dengan kesederhanaan manual brew ini, ternyata membuat banyak orang melakukan kesalahan ketika menyeduh kopi. Cara penggunaan manual brew ini memang sangat mudah dilakukan serta memberikan rasa nikmat kopi yang tidak kalah dengan alat seduh modern saat ini. Ada beberapa kesalahan yang banyak dilakukan ketika menggunakan alat seduh kopi ini seperti yang beberapa diantaranya akan kami ulas dalam artikel berikut ini.

  1. Berat Kopi serta Rasio Air Tidak Seimbang

Kesalahan pertama ketika menyeduh kopi menggunakan french press yang banyak dilakukan adalah berat kopi dan juga rasio air yang digunakan tidaklah seimbang. Sama seperti menyeduh kopi menggunakan alat manual brew lain, pada french press juga membutuhkan rasio air serta banyak kopi yang seimbang.

Setiap orang memang memiliki selera berbeda tentang cara menyeduh kopi. Akan tetapi sebaiknya, jaga keseimbangan kopi dan juga rasio air yang digunakan dengan baik agar hasil seduhan kopi juga maksimal.

Perbandingan menyeduh kopi yakni kopi dan air yang digunakan dalam metode french press ini adalah 1 banding 10 atau setidaknya 1 banding 12. Apabila kopi yang digunakan terlalu banyak, maka hasil kopi terlalu strong. Sedangkan jika air terlalu banyak, maka hasilnya terlalu hambar.

  1. Lever Gilingan Tidak Sesuai

Ketika menyeduh kopi menggunakan french press, maka level gilingan ideal yang harus digunakan adalah medium to coarse. Ada baiknya, gunakan juga frinder terbaik supaya setiap potongan biji kopi konsisten dan presisi. Ini nantinya juga akan berpengaruh dengan hasil akhir kopi yang akan anda minum.

Selain itu ketika menyeduh kopi menggunakan french press, pastikan juga gilingan ada di level yang sesuai sebab jika terlalu halus, maka rasa kopi terlalu pahit. Sedangkan jika terlalu kasar, maka rasa kopi tidak kuat atau bahkan bisa jadi asam.

Cara terbaik untuk mengetahui apa lebel gilingan yang anda pakai tidak terlalu halus atau terlalu kasar ketika menyeduh kopi adalah ketika menekan pluner. Apabila gilingan kopi yang anda pakai terlalu halus, maka akan terasa sulit ketika menekan plunger french press. Sedangkan jika terlalu kasar, maka plunger akan ditekan dengan sangat mudah sebab tidak ada tekanan yang dihasilkan.

  1. Kopi Tidak Dihabiskan Sesudah Diseduh

Kebanyakan orang mengatakan jika rasa kopi dari cangkir pertama sangat berbeda dengan cangkir kedua pada french press. Ini bisa terjadi sebab sesudah menyeduh kopi dan kopi yang masih tersisa dalam french press akan terus terekstraksi sehingga rasa pahit yang dihasilkan akan berbeda dengan cangkir pertama.

Kesalahan menyeduh kopi menggunakan french press ini bisa dibilang sederhana akan tetapi fatal akibatnya. Untuk itu, sebaiknya pindahkan hasil kopi ke cangkir lain jika memang tidak ingin menghabiskan kopi tersebut secara langsung. Jika kopi dibiarkan terus dalam french press, maka air yang menyentuh kopi akan terus bekerja sehingga menghasilkan cita rasa kopi berbeda dan tentunya tidak nikmat lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *