5 Jenis dan Tipe Mesin Espresso Untuk Rumahan dan Cafe

mesin grinder

Swivelcoffee – Semakin berkembangnya industri kopi, maka kebutuhan akan mesin espresso juga semakin meningkat. Meski semua jenis dan tipe mesin ini memang untuk membuat kopi, namun sebenarnya setiap mesin dibuat berbeda berdasarkan penggunanya. Jika untuk dipakai di rumah, maka hanya butuh mesin yang berkapasitas kecil dibandingkan mesin kopi untuk cafe begitu juga sebaliknya. Bagi anda yang ingin membeli mesin espresso namun belummengetahui apa saja tipe tipe dari mesin pembuat kopi ini, berikut akan kami berikan deskripsi selengkapnya.

  1. Mesin Super Automatic

Mesin espresso ini bisa melakukan semua tugas dari barista dalam membuat espresso. Mesin ini sangat cocok bagi anda yang tidak ingin repot dalam menggiling, memadatkan dan juga memanaskan kopi di pagi hari. Untuk cara menggunakan mesin kopi ini juga sangat mudah yakni hanya cukup menekan 1 tombol dan langsung bisa membuat kopi sesuai dengan menu yang sudah dipilih.

Rasa kopi yang dihasilkan dari mesin espresso automatic umumnya memiliki rasa yang hampir serupa dari 1 mesin dengan mesin lainnya. Letak perbedaannya hanya terdapat pada fungsional dan juga opsi programming saja. Mesin super automatic ini memang lebih tepat digunakan untuk rumahan sehingga cara mengoperasikannya juga tidak sulit.

  1. Mesin Automatic

Mesin espresso automatic ini sering disebut dengan mesin pod coffee dengan ciri membutuhkan pemakaian kapsul dalam membuat kopi. Beberapa penikmat kopi beranggapan jika mesin espresso ini cukup praktis karena kopi yang dibuat bisa disesuaikan dengan yang dibutuhkan yakni 1 kapsul kopi yang akan diminum.

Selain cara pemakaiannya yang sangat praktis, kelebihan dari mesin kopi ini terletak pada desain yang lebih menarik dengan gaya futuristik.

  1. Mesin Otomatis Dolce Gusto

Mesin espresso ini sangat cocok bagi anda pencinta kopi dan ingin menjadi seorang barista di rumah sendiri. Mesin kopi ini membuat para penggunanya harus menakar kopi yang dibuat dengan takaran yang sesuai.

Jika dalam mesin semi automatic, maka beberapa fungsional yang biasa disertakan adalah boiler, portafilter dan juga lever untuk menghasilkan ekstrasi. Namun dalam mesin espresso ini, anda harus menggiling dan juga memadarkan espresso sebelum nantinya mengekstraksi kopi tersebut. Mesin ini umumnya terdiri dari 2 jenis, yakni:

  • Manual control: Proses menuang kopi harus dihentikan secara manual apabila kopi yang dituang sudah dirasa cukup sesuai kebutuhan yang umumnya terjadi selama 20 hingga 30 detik.
  • Programmable doses: Berapa banyak ml kopi nantinya bisa ditentukan dan mesin akan berhenti otomatis ketika kopi sudah mencapai takaran yang ditentukan.
  1. Mesin Manual

Mesin espresso manual memiliki bentuk sangat elegan sesuai dengan fungsi akan tetapi juga tetap terlihat klasik. Tipe mesin kopi ini membuat pemakainya memegang kendali penuh pada saat membuat kopi.

Ketika anda menggunakan mesin espresso ini, maka anda harus menggiling biji kopi sendiri, tamping, mengatur suhu dan juga tekanan sekaligus lama ekstraksi. Mesin ini biasanya mempunyai fitur yang fungsional dan lengkap seperti boiler, steam pressure gauge, portafilter serta manual lever untuk lama ekstraksi espresso secara manual.

  1. Mesin Proffesional atau komersial

Mesin espresso ini memiliki ukuran besar dan kuat yang biasanya digunakan lebih kompleks dan untuk pemakaian yang lebih technical. Biasanya mesin kopi ini bisa menggunakan 40 hingga 50 amps daya listrik dalam kapasitas 220 volts. Mesin espresso ini juga terdiri dari lebih dari 2 group yakni memiliki steam boiler satuan atau terpisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *