5 Kesalahan Paling Umum Dalam Membuat Kopi yang Sering Dilakukan

membuat kopi

Swivelcoffee – Bicara tentang kopi makan tergantung dari selera masing masing penikmatnya. Akan tetapi ketika menyeduh kopi, maka selera tidak lagi menjadi penentu citarasa dari kopi tersebut. Ada banyak kesalahan yang sering dilakukan orang baik yang disengaja atau tidak disengaja yang akhirnya membuat rasa dari kopi tidak sempurna. Berikut ini kami akan memberikan beberapa kesalahan umum dalam membuat kopi yang mungkin juga sering anda lakukan sehari hari.

  1. Membeli Kopi Bubuk Instan

Kopi bubuk instan memang menjadi cara paling praktis dalam membuat kopi. Akan tetap jenis kopi ini juga bisa mengurangi rasa dari kopi yang anda buat. Segala sesuatu yang instan termasuk kopi ditambah harga yang sangat terjangkau tentunya juga bisa memberikan rasa kopi yang jauh dari kata berkualitas.

Menggiling biji kopi sesaat sebelum diseduh memang menjadi satu satunya cara untuk menjamin kesegaran rasa dari kopi. Bahkan dalam penggunaan mesin kopi juga mengharuskan anda menggunakan biji kopi dan bukan memakai kopi bubuk instan untuk membuat kopi.

Namun jika memang anda tidak memiliki grinder sehingga harus membeli kopi bubuk, maka sebaiknya pilih kopi bubuk yang memiliki kemasan baik yakni kemasan kedap udara serta dijahit memakai sistem airtight.

  1. Tidak Memakai Burr Grinder Saat Menggiling

Kesalahan dalam membuat kopi berikutnya yang sering dilakukan adalah tidak memakai burr grinder ketika menggiling biji kopi. Memakai grinder model lama memang bisa dikatakan sulit untuk memperoleh bentuk gilingan yang serupa di setiap partikelnya khususnya jika ingin mendapatkan level gilingan kasar atau coarse untuk French Press.

Kesalahan selanjutnya adalah seringkali memakai blade grinder yang sebenarnya juga tidak bisa mengontrol tingkat kehalusan kopi dengan baik. Grinder dengan burr memang lebih mahal namun tidak seluruhnya. Anda bisa memilih burr grinder portabel yang saat ini hadir dengan banyak variasi.

  1. Level Gilingan Kopi yang Tepat

Kenikmatan dari kopi juga akan ditentukan dengan level gilingan kopi yang digunakan dan masih banyak penikmat kopi yang tidak mengetahui level gilingan kopi dengan sempurna. Membuat kopi dengan metode pour over tidaklah serupa dengan gilingan kopi untuk metode tubruk dan lain sebagainya.

Tidak mengetahui jenis gilingan yang paling sesuai untuk membuat kopi menggunakan metode seduh nantinya juga mengurangi hasil dari seduhan kopi anda. Untuk itulah, mengenali level gilingan atau grinding yang digunakan ketika membuat kopi sangat penting untuk diketahui.

  1. Perbandingan Kopi dan Air Tidak Sesuai

Seperti yang kita ketahui, meracik secangkir kopi tidak hanya sekedar minuman namun juga merupakan seni yang membutuhkan komposisi tepat ketika akan membuat secangkir kopi. Dari mulai ukuran suhu air, berapa gram kopi yang akan digiling dan lain sebagainya menjadi tips penting dalam membuat kopi yang harus anda ketahui sebab tidak boleh dibuat secara asal asalan.

Semua komposisi yang akan digunakan untuk membuat kopi haruslah sesuai dengan takaran berbeda dengan membuat teh dalam teko. Sekarang ini sudah banyak tersedia timbangan atau scale dengan harga terjangkai yang bisa anda gunakan untuk menyatukan semua komposisi pembuatan kopi sehingga rasa dari kopi yang nantinya dihasilkan juga sempurna.

  1. Filter Kopi Tidak Dibersihkan

Tidak pernah membersihkan filter kopi juga menjadi salah satu kesalahan dalam membuat kopi sebab bisa mempengaruhi rasa. Khususnya bagi anda yang senang menggunakan pour over yang selali memakai filter kain namun tidak dibersihkan dengan teratur, maka sisa kopi hasil seduhan sebelumnya akan tertinggal yang tentunya akan berpengaruh pada rasa seduhan kopi selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *