5 Tips Penting Membersihkan Alat Pembuat Kopi

membersihkan alat kopi

Swivelcoffee – Tidak seperti membersihkan alat lain, membersihkan alat pembuat kopi bukanlah hal yang mudah dilakukan dan masih banyak orang yang sering membersihkan berbagai alat membuat kopi tersebut dengan cara yang salah. Agar kualitas dan kebersihan berbagai mesin kopi yang anda miliki tetap terjaga kondisinya dan tidak berpengaruh pada hasil seduhan kopi, berikut kami punya tips menarik yang bisa anda praktekkan di rumah.

  1. Jangan Gunakan Deterjen atau Pembersih Kimia

Banyak orang yang beranggapan jika mencuci dan juga membersihkan alat pembuat kopi khususnya alat seduh manual, server dan cangkir sampa saja seperti saat akan membersihkan piring, gelas dan berbagai alat makan lainnya. Namun sebenarnya, penggunaan deterjen atau pembersih kimia yang sering digunakan untuk mencuci peralatan dapur ini tidak boleh digunakan untuk mesin kopi.

Kopi sangat sensitif terhadap rasa, sehingga jika deterjen mengendap pada alat kopi yang sudah dibilas pada saat membersihkan alat pembuat kopi, maka akan membuat rasa kopi berkurang atau bahkan hilang sama sekali sekaligus tetap tercium aroma deterjen dalam kopi anda.

Solusi:

Cara terbaik yang bisa anda lakukan untuk membersihkan alat pembuat kopi adalah menggunakan air saja. Sedangkan untuk mengangkat sisa kopi yang masih sulit dihilangkan, maka bisa memakai cuka atau baking soda serta air perasan lemon atau jeruk nipis yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan deterjen.

  1. Jangan Cuci Jika Masih Panas

Ketika terburu buru, maka seringkali kita membersihkan alat pembuat kopi langsung sesudah digunakan meski alat tersebut masih terasa hangat atau bahkan panas. Jika alat pembuat kopi yang anda miliki terbuat dari porcelain, kaca dan juga keramik maka sebaiknya diamkan dulu hingga dingin baru bisa dicuci yang tidak hanya berguna untuk menjaga alat kopi namun juga melindungi tangan anda.

Selain itu, beberaoa kaca alat kopi juga beberapa diantaranya kurang berkualitas, sehingga jika terkena air panas dan dingin dalam waktu yang berdekatan, maka bisa menyebabkan alat pembuat kopi tersebut retak bahkan pecah.

  1. Jangan Sikat Terlalu Kasar

Ketika anda membersihkan alat pembuat kopi, maka sebaiknya jangan gunakan kawat besi atau plastik yang bisa membuat mesin tersebut tergoren dan meninggalkan bekas. Sebaiknya, gunakan sponge berbahan lembut ketika membersihkan sela sela dari mesin kopi yang anda miliki.

  1. Buang Sisa Kopi Sesudah Selesai

Beberapa alat kopi seperti french press, moka pot, vietnam drip dan beberapa alat lainnya umumnya akan menyisakan ampas kopi pada alat tersebut. Agar noda dari kopi tersebut tidak meninggalkan bekas, maka buang langsung ampas tersebut sesudah selesai minum kopi. Sesudah ampas kopi dibuang, maka diamkan dulu alat tersebut baru bisa dilanjurkan dengan membersihkan alat pembuat kopi yang anda miliki dengan air.

  1. Keringkan Dengan Lap Bersih

Cara membersihkan alat pembuat kopi berikutnya yang wajib dilakukan adalah tidak membiarkan alat kopi tersebut terlalu lama dalam keadaan basah sesudah dicuci. Hal ini sangat penting sebab ada beberapa bagian dari mesin kopi yang terbuat dari kayu serta bahan lain yang rentang terhadap air. Untuk itu sesudah membersihkan alat pembuat kopi hingga bersih, maka segera keringkan memakai lap lembut serta bersih dan simpan kembali dalam tempatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *