Apa Itu Proses Decaf Coffee?

decaf coffee

Swivelcoffee – Proses decaf coffee merupakan kopi yang hampir tidak memiliki kandungan kafein didalamnya. Masih banyak dari penikmat kopi yang ternyata juga belum mengetahui tentang proses dekafeinisasi pada kopi sebenarnya tidak hanya dengan 1 cara saja. Kopi ini mengalami proses khusus sehingga kandungan kafein dalam kopi akan dikurangi semaksimal mungkin.

Sejarah Decaf Coffee

Decaf coffee pertama kali ditemukan seorang pedagang kopi dari Jerman bernama Ludwig Roselius tahun 1903. Roselius kemudian mulai menjual decaf coffee pertama kali dengan label  Kaffee yang kemudian terkenal di Perancis. Sementara untuk Amerika Serikat, decaf coffee ini baru mulai dipasarkan dengan nama Sanka yang dalam bahasa Perancis berarti without caffeine.

Dalam proses decaf coffee, Ludwig Roselius pada awalnya memakai benzene yaknis enyawa kimia yang ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Sedangkan untuk sekarang, proses decaf coffee tidak lagi memakai benzene namun menggunakan selective solvent yang aman untuk tubuh mausia. Lalu, apa saja sebenarnya jenis proses decaf coffee tersebut?, berikut penjelasan selengkapnya untuk anda.

  1. Proses Air [Swiss]

Pada awalnya, proses decaf coffee ini pertama kali dikembangkan tahun 1930-an meski untuk sekarang sudah tidak terlalu banyak digunakan. Proses decaf coffee ini dilakukan dengan cara merendam biji kopi hijau memakai air panas sehingga kafein yang ada didalam green bean akan berkurang.

Kekurangan proses decaf coffee ini adalah karakteristik kopi juga akan hilang bersamaan dengan hilangnya kandungan kafein dalam kopi. Sesudah melewati proses perendaman, maka air sisa rendaman tersebut akan disaring lewat activated charcoal filter untuk menghilangkan kandungan kafein dalam kopi.

Air sisa rendaman green bean pertama yang sudah difilter tersebut lalu digunakan kembali untuk merendam green bean lain sebab air tersebut dianggap mempunyai ekstrak biji kopi yang akan memberikan krakteristik pada biji kopi yang akan direndam kembali. Perendaman akan dilakukan terus sampai kopi yang ingin dihilangkan kafein-nya sudah selesai dan tetap memakai air yang sama.

  1. Proses Larutan Kimia

Seperti namanya, proses decaf coffee ini memang memakai pelarut kimia yakni ethyl acetate yang berguna untuk menghilangkan kandungan kafein dalam coffee bean.

Proses decaf coffee akan diawali dengan mengukus coffee bean dan dicuci menggunakan pelarut ethyl acetate. Sesudah itu, kopi akan dikukus kembali untuk menghilangkan kandungan larutan. Sesudah selesai dikukus, maka green bean akan dkeringkan sebelum disangrai.

Ethyl acetate sendiri merupakan senyawa kimia alami yang biasa digunakan untuk makanan. Untuk itu, proses decaf coffee dengan cara ini juga sering disebut dengan naturally decaffeinated.

  1. Proses Karnon Dioksida

Proses decaf coffee ini dikenal dengan proses yang memakai ekstraksi karbon doksida subkritis. Ini merupakan proses dekafeinisasi yang paling baru dimana akan diawali dengan merendam green bean dalam sebuah wajan baja tertutup yang dipenuhi dengan air.

Nantinya, karbon dioksida akan bekerja dengan cara memompa memakai tekanan yang besar. Karbon dioksidan dalam proses decaf coffee ini akan melarutkan kafein yang terkandung dalam biji kopi tanpa mempengaruhi rasa dan juga karakteristik dari biji kopi tersebut.

Demikian ulasan singkat dari kami tentang 3 proses decaf coffee yang mungkin belum anda ketahui sebenarnya. Semoga bisa bermanfaat dan menambah informasi anda seputar proses pembuatan kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *