Cara Membeli Kopi Terbaik dan Berkualitas

kopi terbaik

Swivelcoffee – Meski hampir semua orang selalu minum kopi, namun belum tentu bisa mengetahui mana jenis kopi terbaik dan juga berkualitas. Kopi juga mengandung zat yang mendetail sekaligus spesifik, sehingga jika anda tidak benar benar paham tentang kualitas kopi, maka bisa saja anda keliru saat membeli kopi yang tentunya juga berpengaruh pada rasa dan aroma dari kopi tersebut. Berikut ini akan kami berikan beberapa tips yang bisa anda gunakan ketika memilih kopi dengan rasa dan aroma terbaik supaya tidak menyesal.

  1. Membeli Kopi Dalam Bentuk Bubuk

Jika anda tidak memiliki alat untuk menggiling kopi di rumah, maka tentunya akan membeli kopi bubuk. Kopi bubuk bisa dibeli dalam kemasan yang sudah jadi dan juga bisa membeli biji kopi kemudian meminta toko untuk menggiling biji kopi tersebut. Namun kopi yang sudah digiling dalam bentuk bubuk tersebut tidak bisa dinilai apakah itu merupakan kopi terbaik karena sudah tercampur menjadi satu.

Namun masih ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan kopi terbaik ketika membeli yakni dengan meneliti aroma kopi tersebut. Kopi berkualitas akan memberikan aroma kopi yang sangat khas. Sedangkan kopi yang tidak berkualitas akan memberikan aroma apek yang menjadi tanda jika kopi tersebut sudah lama dan mungkin juga tercium aroma plastik dan beberapa aroma lainnya.

Sedangkan dari segi rasa, kopi yang berkualitas buruk akan terasa sesuatu yang tidak berhubungan dengan rasa kopi sama sekali. Sedangkan kopi terbaik harus bisa memberikan rasa kopi after taste yang bervariasi. Apabila kopi yang anda minum memiliki rasa fishy, maka itu bisa menjadi pertanda roasting yang terlalu dark dan bukanlah kopi terbaik.

Sedangkan jika muncul rasa asam dan tidak nyaman seperti rasa cuka, maka kemungkinan terjadi proses yang salah dalam poses pembuatan kopi tersebut sebelum anda beli dan juga bukan menjadi ciri kopi terbaik.

  1. Membeli Kopi Dalam Bentuk Biji

Untuk mengetahui kopi terbaik yang anda beli dalam bentuk biji bisa dilihat dari baik tidaknya bentuk biji kopi tersebut. Dari bentuk biji kopi nantinya bisa terlihat apakah kopi tersebut berkualitas atau tidak. Ada beberapa ciri yang bisa anda perhatikan ketika sedang membeli kopi, diantaranya adalah:

  • Biji terlihat cacat: Dalam istilah kopi, cacat pada biji kopi mengartikan biji kopi tersebut tidak lagi berbentuk sempurna seperti terdapat lubang pada permukaan biji kopi yang mungkin bisa terjadi karena serangan hama. Selain disebabkan karena hama, biji kopi yang rusak juga bisa disebabkan karena proses lain sehingga tidak bisa dikatakan sebagai kopi terbaik. Kopi yang tidak berkualitas baik umumnya terdapat banyak kerusakan di sekitar biji kopi.
  • Biji berwarna berbeda: Biji kopi terbaik tentunya memiliki warna yang sangat seragam. Namun jika dalam satu kemasan biji kopi terdapat warna biji kopi tidak seragam seperti beberapa biji kopi yang berwarna terang dibandingkan biji kopi lainnya, maka kualitas biji kopi tersebut buruk. Umumnya, warna terang dari biji kopi tersebut terjadi karena proses pemetikan biji kopi yang tidak dilakukan dengan hati hati. Biji kopi yang masih muda dan sudah dipetik tersebut nantinya akan berpengaruh dari rasa kopi yang anda beli.
  • Aroma kopi: Seperti kopi yang sudah digiling menjadi bubuk, kopi terbaik seharusnya tidak memiliki aroma tidak nyaman dalam biji kopi tersebut dan juga tidak terkontaminasi dengan aroma lain seperti karet, fishy, plastik dan sebagainya.

Rasa hanya seperti kopi: Biji kopi terbaik juga tentunya harus memiliki rasa yang tidak macam macam dan hanya terasa kopi. Ini berbeda jika kopi tersebut tidak berkualitas yang baik sehingga akan terasa terlalu masam atau terasa sedikit aneh.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *