Cara Menggunakan Mesin Kopi Otomatis untuk Mendapatkan Hasil kopi Maksimal

mesin kopi otomatis

Bagi banyak orang yang sibuk, mesin kopi otomatis sangat bisa diandalkan untuk menghasilkan kopi yang konsisten sekaligus nikmat setiap hari. Namun seperti mesin espresso tradisional semi otomatis, alat ini juga butuh penyesuaian untuk memastikan anda bisa memperoleh hasil yang maksimal.

Kelebihan dari mesin kopi otomatis ini adalah program dalam mesin kopi otomatis yang membuatnya sangat mudah untuk digunakan menyeduh kopi yakni hanya dengan menekan beberapa tombol saja.

Berikut ini, kami akan berikan beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk memastikan anda selalu bisa menikmati secangkir kopi lezat dari mesin kopi otomatis.

  1. Pengaturan Fine Grinder

Hal mendasar untuk mempersiapkan secangkir kopi ketika menggunakan mesin kopi otomatis adalah memastikan jika penggiling diatur dengan baik.Mesin ini akan menggiling sesuai dengan permintan dan emmberikan anda kopi bubuk yang segar.

Namun jika anda meluangkan waktu beberapa detik untuk menyesuaikan gilingan, maka tentu hasil kopi yang anda dapat juga bisa ditingkatkan. Tujuannya adalah untuk menemukan pengaturan yang bisa memberikan hasil penggilingan terbaik dan hasil yang maksimal.

  1. Sesuaikan Jumlah Biji Kopi Maksimal

Mesin kopi otomatis memungkinkan anda untuk memilih jumlah kopi yang ingin anda giling per shot. Ini merupakan jumlah biji kopi dalam gram atau ons yang digiling untuk setiap ekstraksi yang anda masukkan ke dalam mesin.

Terlepas dari seberapa besar anda menyukai kopi, anda tetap harus melakukan pengaturan jumlah biji maksimal ke dalam mesin. Produsen mesin biasanya mungkin akan menyebutkan pengaturan ini dengan sebutan aroma sehingga perhatikan hal ini pada pengaturan dan putar sampai maksimal.

Anda harus memakai jumlah kopi maksimal untuk memastikan jika kopi yang anda hasilkan bisa beraneka rasa.

  1. Volume

Volume mengacu pada jumlah cairan yang ada di dalam mesin kopi otomatis untuk membuat secangkir kopi. Aturan prkatisnya adalah sekitar 30ml cairan untuk shot ganda dan 15 ml untuk shot tunggal.

Ini nantinya bisa memberikan anda fleksibilitas tergantung dari ukuran cangkir yang akan anda pakai. Bergantung dari mesin, anda mungkin bisa memprogramnya dengan tepat berapa banyak ons atau mililiter untuk diproduksi per shot. Namun jika tidak, maka mungkin di bawah ini adalah pengaturan umum yang harus anda coba untuk memperoleh pengaturan yang tepat.

Ketika brew otomatis berdasarkan volume, maka akan memompa semua air lewat kopi dan hanya akan menghasilkan espresso berkualitas untuk volume tertentu. Sesudah itu jika anda masih terus menambah air, maka anda akan berhenti mengekstraksi rasa yang baik dan hanya menghasilkan rasa kopi yang tidak baik.

  1. Perawatan

Jika anda ingin mesin kopi bisa awet dan selalu mendapatkan secangkir kopi terbaik dalam jangka waktu lama, maka perawatan mesin kopi otomatis sangat penting untuk dilakukan.

Anda tidak harus membersihkannya setiap kali digunakan namun sangat direkomendasikan untuk melakukan pembersihan menyeluruh satu kali dalam seminggu. Anda harus mengosongkan dan mencuci baki tetesan dan kotak ampas kopi dengan air sabun untuk mencegah pertumbuhan jamur.

Namun banyak mesin yang memiliki bagian bisa dilepas sehingga bisa dibersihkan dengan air panas namun tanpa memakai sabun. Brew biasanya memiliki pelumas food grade yang dibutuhkan untuk kelancaran mesin dan ini bisa hilang jika anda membersihkannya dengan menggunakan sabun. Namun untuk mengatasinya, biasanya anda hanya perlu mengoleskan kembali pelumas ketika terlihat perlu.

Jika memang anda tidak memiliki bagian mesin kopi otomatis yang bisa dilepas, maka anda harus mengikuti arahan produsen untuk membersihkannya. Biasanya, tablet harus ditempatkan pada bypass doser dan cuci tangki secara berkala jika memang memungkinkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shop By Department