Jenis Jenis Alat Pembuat Kopi Manual yang Cocok Untuk di Rumah

jual alat pembuat kopi manual

Alat kopi manual adalah alat yang dipakai untuk membuat kopi tanpa mesin atau bisa dikatakan cara manusia menggerakkan alat tersebut tanpa bantuan mesin. Alat pembuat kopi manual atau yang disebut dengan manual brew memang sering dipakai untuk meracik kopi di cafe atau cofee shop.

Jual alat pembuat alat kopi manual kini juga sudah dijadikan bisnis yang menguntungkan mengingat penikmat kopi di Indonesia juga semakin meningkat. Berikut akan kami berikan jenis jenis alat pembuat kopi yang bisa anda gunakan di rumah.

  1. V60

Ketika anda pergi ke toko Jual alat pembuat alat kopi manual, makan V60 menjadi alat pembuat kopi yang cukup sering kita temui yakni alat kopi yang memakai metode pour over.

Bentuk alat penyeduh kopi ini memiliki bentuk yang sangat unik dengan cara penyeduhan yang sangat khas. V60 terbuat dari kaca, keramik, metal, plastik sampai tembaga. Biasanya, jual alat pembuat kopi manual manual V60 ini memiliki bentuk seperti cangkir biasa dengan motif spiral.

V60 memiliki ujung lubang sehingga anda bisa mengontrol suhu air, mengontrol ekstraksi dan juga grind size atau potongan kopi. Nantinya, hasil kopi dari V60 akan terasa lebih ringan, jenih dan juga memiliki nuansa.

  1. Vietnam Drip

Pembuat kopi manual selanjutnya yang sering kita temui pada toko jual alat pembuat kopi manual adalah vietnam drip. Seperti namanya, alat pembuat kopi manual ini memang berasal dari vietnam yang memakai filter besi kecil. Kopi nantinya akan diseduh dengan air panas dan filter akan mengeluarkan tetesan kopi secara perlahan ke dalam cangkir.

Sesudah kopi sepenuhnya masuk ke dalam gelas, maka akan ditambahkan dengan es batu dan es kopi vietnam siap untuk dinikmati.

Metode alat pembuat kopi ini sangat disukai pencinta kopi dan proses penyeduhan dan ekstraksinya juga sangat cepat dengan hasil kopi yang juga tidak terlalu padat.

  1. AeroPress

Jika dilihat dari bentuknya, AeroPress ini memang terlihat tidak biasa dan berbeda di antara jual alat pembuat kopi manual lainnya. Alat pembuat kopi ini sangat mudah, lebih cepat dan gampang dibersihkan dibandingkan alat pembuat kopi manual lainnya dan dari mekanisme penyeduhan hampir serupa dengan vietnam drip.

Perbedaannya terletak pada vietnam drip yang bergantung pada gaya gravitasi, sedangkan AeroPress menggunakan tekanan udara. Kopi hasil dari racikan AeroPress juga akan terasa lebih kuat. Sedangkan bagian AeroPress terdiri dari filter kertas, tabung kopi, alat pengaduk, satu sendok takaran kopi bubuk dan juga funnel atau corong untuk mengalirkan air panas.

  1. French Press

French Press memiliki banyak sebutan seperti caffettiera a stantuffo di italia, cafetière à piston di Perancis dan masih banyak lagi. French Press umumnya berbentuk pot silinder dengan alat panjang seperti pompa mini atau plunger dan ayar saringan yang menekan air panas sampai menembus kopi yang sudah digiling.

Umumnya, kopi yang dihasilkan dari mesin kopi manual ini adalah kopi tubruk namun tanpa ampas. French Press sendiri tidak hanya digunakan untuk kopi namun juga bisa dipakai untuk menyeduh teh.

  1. ROK Presso

Di tempat jual alat pembuat kopi manual, ROK Presso sudah tidak asing untuk pencinta kopi espresso atau espresso based. Hasil penyeduhan dari mesin kopi manual ini mendekati espresso dari mesin kopi profesional yang sebetulnya.

ROK Presso memiliki kelebihan yakni anda bisa menentukan jenis kopi bubuk yang akan digunakan, suhu yang diinginkan dan tekanan yang dibutuhkan. Dibandingkan dengan mesin espresso standar, ROK Presso ini tidak butuh daya listrik.

  1. Chemex

Pertama kali, Chemex ditemukan oleh Peter Schulmbohm dan diproduksi Chemex Corporation tahun 1942. Metode kopi dengan Chemex ini adalah metode infusi. Dari segi rasa tidak jauh berbeda dengan kopi drip lainnya. Namun kopi yang dihasilkan Chemex lebih lambat dan rasanya lebih kuat.

  1. Bialetti Moka Pot

Bialetti Moka Pot banyak digemari khususnya di negara negara Eropa dan termasuk juga Indonesia. Bialetti Moka Pot juga dikenal dengan nama Moka Espresso atau Moka Elite namun dengan proses pembuatan kopi yang tidak terlalu sulit.

Air akan dipanaskan pada kontainer terbawah yang kemudian akan mengeluarkan uap dan menekan ground coffee pada bagian tengah kontainer. Nantinya kopi yang ditekan akan naik ke kontainer paling atas dan siang untuk dituang.

  1. Bodum Coffee Maker

Di tempat jual alat pembuat kopi manual, Bodum Coffee Maker yang memiliki desain plastik transparan ini juga cukup digemari. Pembuatan kopi dengan alat ini juga tidak terlalu sulit sebab ada tombol on dan off untuk mengontrolnya.

Anda hanya perlu menyimpan ground coffee ke dalamnya dan memasukkan air kemudian tekan tombol on dan tinggal tunggu hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shop By Department