Kenali Lebih Jauh Keistimewaan Dari Kopi Liqueur

kopi liqueur

Swivelcoffee – Saat ini trend perkembang minuman kopi semakin meluas sehingga hadir berbagai jenis rasa dari kopi yang memiliki citarasa unik dan nikmat seperti salah satunya kopi liqueur. Campuran antara kopi dan minuman beralkohol ini juga menjadi trend terbaru yang harus anda coba. Lalu, apa sebenarnya kopi beralkohol ini dari segi rasa, aroma, keistimewaan dan juga penemu pertama dari kopi bercitarasa unik ini?. Simak ulasan kami kali ini untuk penjelasan selengkapnya.

Asal Kopi Liqueur

Kopi yang dicampur dengan minuman beralkohol ini pertama kali ditemukan di Italia dimana pada abad ke-18, Frederick the Great sudah menyeduh kopi dengan menggunakan champagne.

Ketika para pedagang dari Venesia memperkenalkan biji kopi ke dataran Eropa, Italia juga ikut memperdalam tentang proses brewing yang tidak lagi sekedar menyeduh kopi biasa saja namun juga diubah menjadi karya seni. Italia terus berkembang dan akhirnya menemukan berbagai nama kopi baru yang mungkin beberapa diantaranya jarang diketahui seperti kopi liqueur.

Jenis

Kopi liqueur sekarang ini sudah hadir dalam beberapa jenis. Sebagai contoh kopi liqueur bernama Caffé Borghetti dari Fratelli Branca yang terbuat dari biji kopi dan diseduh dengan level konsentrasi sama seperti espresso.

Selain itu ada juga Galliano Ristretto yakni kopi hitam pekat dengan rasa liqueur yang sangat kaya hampir serupa dengan satu shot kopi bertekanan penuh. Ada juga berbagai jenis kopi beralkohol lain yang disesuaikan dengan selera dan kreasi setiap orang.

Rasa

Kopi ini memiliki rasa pahit seperti kopi espresso. Para pengrajin penyulingan di Amerika juga ikut terpengaruh dengan trend kopi ini dan kemudian hadir kopi chicory sebagai menu utama dengan tambahan rasa vanila memakai kopi jenis Yirgacheffe dari Ethiopia.

Sedangkan dari perusahaan yang berbeda, Kopi liqueur dengan citarasa lembut dicampur dengan rum sehingga menghadirkan jenis kopi liqueur bernama Coffeed Negroni dengan rasa tidak terlalu manis namun seimbang.

Namun untuk sekarang ini ketika mendengar kopi liqueur, maka yang langsung terlintas adalah Sheridans dan juga Baileys yakni 2 merk Iris Coffee yang sangat mendunia. Meski Italia yang menemukan kopi ini, namun Irlandia yang kemudian mempopulerkan jenis kopi beralkohol tersebut.

Perkembangan

Seorang penulis asal Amerika kemudian membawa Irish Coffee ini ke Amerika sesudah ia meminum kopi tersebut di bandara Shanon. Mulai saat itu, irish Coffee atau kopi liqueur semakin meluas dan tidak hanya dikenal di Amerika namun juga di beberapa negara lainnya.

Variasi dari kopi liqueur semakin berkembang dan tidak lagi hanya dicampur dengan rum atau whiskey namun juga digunakan banyak jenis liqueur lain sesuai dengan masing masing negara sehingga juga menghasilkan berbagai nama yang berbeda.

Sedangkan untuk Indonesia, beberapa kedai kopi khususnya kota besar juga bisa ditemukan Irish Coffee, wine coffee dan lainnya tergantung dari masing masing kedai yang menjual kopi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *