Kenali Lebih Jauh Tentang Degassing dan Oksidasi Dalam Proses Pembuatan Kopi

proses pembuatan kopi

Swivelcoffee – Beberapa proses penting dalam kopi adalah roasting dan juga brewing. Sesudah biji kopi disangrai atau roasting, maka akan dilanjutkan dengan proses pembuatan kopi secara kimia alami dan menjadi faktor yang berpengaruh pada kopi yang akan diseduh yang dikenal dengan sebutan degassing atau proses pelepasan gas yang dikatakan juga menjadi penentu jenis kemasan atau packaging kopi yang akan dipakai. Selain itu, ini juga berhubungan dengan tanggal roasting serta waktu terbaik untuk mengkonsumsi kopi tersebut. Sesudah itu, fase oksidasi yang merupakan lanjutan dari degassing baru akan terjadi. Berikut akan kami jelaskan secara detail tentang proses pembuatan kopi selengkapnya untuk anda.

Proses Degassing

Jika dijabarkan secara sederhana, salah satu proses pembuatan kopi yakni degassing adalah kopi yang sudah disangrai akan dilanjutkan dengan pembentukan gas yang terjadi pada biji kopi. Sebagian besar komposisi gas alami yang terbentuk dalam kopi tersebut adalag co2 atau karbon dioksida.

Inilah penyebab mengapa kopi yang baru saja selesai disangrai belum terasa nikmat sebab kopi yang dikonsumsi masih mengandung karbon dioksida utuh didalamnya. Gas karbon dioksidan yang terbentuk secara alami ini nantinya akan keluar secara konstan dalam beberapa waktu dan proses pembuatan kopi inilah yang dinamakan dengan degassing.

Untuk lama proses pembuatan kopi degassing ini sangat beragam dan tidak selalu sama pada setiap biji kopi serta tergantung dari varietas biji kopi dan jenis roasting profile yang digunakan. Umumnya, prose degassing ini akan berlangsung selama 2 minggu meski untuk beberapa jenis kopi akan membutuhkan waktu hingga mencapai 30 hari sebab bijinya yang tebal. Jika dilihat secara umum, maka proses pembuatan kopi degassing ini akan berjalan seperti berikut:

  • Sekitar 24 jam pertama sesudah kopi disangrai ketika sekitar 40% dari gas karbon dioksidan akan keluar dari biji kopi.
  • Kopi yang sudah disangrai akan semakin gelap atau darker roast yang biasanya akan lebih cepat mengalami proses degassing jika dibandingkan dengan sangrai ringan atau lighter roast.
  • Kopi dengan roasting time lambat akan mengalami proses pembuatan kopi degassing yang juga lebih cepat dibandingkan dengan roasting cepat.

Sebagai catatan, ketika menggiling kopi secara langsung sesudah disangrai, maka ini dianggap sebagai proses pembuatan kopi degassing yang lebih cepat atau memaksa. Seperti hal instan lain, maka banyak roaster yang tidak menyarankan hal tersebut.

Semakin halus gilingan kopi, maka volume karbon dioksidan yang dikeluarkan juga semakin besar. Semakin kecil partikel gilingan kopi, maka ada banyak sel yang menyimpan karbon dioksida sehingga terpecah dan melepaskan kandungan karbon dioksida tersebut. Dalam tahap ini, kopi akan terbuka dan rentan terpapar oksigen sehingga teroksidasi

Proses Oksidasi

Proses pembuatan kopi bernama oksidasi adalah kebalikan dari proses degassing. Apabila degassing akan mengeluarkan karbon diokisda, maka dalam oksidasi akan ada oksigen yang masuk ke dalam biji kopi. Ini biasanta terjadi ketika kopi yang sudah dibeli hanya dibiarkan terbuka dan tidak tersimpan dalam wadah tertutup.

Pada saat karbon dioksida dalam biji kopi keluar dan diganti dengan oksigen, maka akan berpengaruh pada aroma, rasa dan juga kualitas biji kopi. Kopi yang teroksidasi merupakan kopi yang terpapar udara atau oksigen sehingga kopi akan beraksi dengan minyak alami dan kandungan larut didalamnya dan akhirnya zat yang terkandung akan berkurang kemudian rasa kopi jadi tidak segar atau disebut dengan kopi basi.

Penyimpanan biji kopi sesudah proses pembuatan kopi menjadi hal yang penting sehingga bisa dilihat jika banyak roaster yang akan mengemas kopi mereka dalam packaging terisi co2 air valve agar proses pelepasan karbon dioksida bisa dilakukan lebih mudah. Kopi kopi yang sudah dikemas ini merupakan kopi yang sudah melewati proses pembuatan kopi degassing yang dikhususkan bagi pencinta kopi sejati yang sudah mengerti bagaimana cara menyimpan kopi yang baik.

Jika memang anda membeli kopi dalam kemasan yang tidak mempuyai air valve, maka sebaiknya segera masukkan kopi dalam canister atau wadah kaca yang tertutup rapat untuk mencegah paparan udara pada kopi kemudian teroksidasi dan akhirnya disebut dengan istilah kopi basi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *