Kenali Lebih Jauh Tentang Profil Rasa Kopi Sebelum Membeli

profil rasa kopi

Swivelcoffee – Bagi anda yang sudah mengerti tentang kopi tentunya sudah tidak asing dengan profil rasa kopi sehingga tidak sulit ketika akan memilih kopi yang akan dibeli baik secara online atau datang langsung ke roastery. Akan tetapi, untuk para penikmat kopi yang masih pemula, tentunya masih butuh banyak referensi sebelum membeli biji kopi tersebut. Hal ini sangatlah penting sebab pada kemasan biji kopi selalu tertulis profil karakter dari biji kopi tersebut seperti diolah dengan honey process dan sebagainya. Agar anda tidak salah membeli, berikut kami berikan cara terbaik untuk mengenal lebih baik tentang karakter biji kopi tersebut.

  1. Tentukan Kekuatan Karakter Kopi

Mengetahui profil rasa kopi tentunya bisa memberikan gambaran tentang biji kopi tersebut meski hanya berupa gambaran saja seperti contohnya tulisan fruity pada kemasan, semiwash, full body dan masih banyak lagi.

Dengan mengetahui beberapa istilah biji kopi tersebut, maka nantinya anda menentukan profil rasa kopi yang seperti apa yang anda mau, apakah seimbang, kopi yang lebih asam dan sebagainya.

  1. Lakukan Eksperimen Dengan Single Origin

Untuk menentukan profil rasa kopi selanjutnya, anda bisa bereksperimen dengan single origin yang lain. Terlalu sering membeli 1 jenis biji kopi tentunya terkadang membosankan dan timbul keinginan untuk mencoba kopi yang lainnya.

Untuk mengetahui profil rasa kopi, sebaiknya anda bisa mencoba membeli 2 biji kopi yang berbeda dan sesudah diseduh maka anda akan mengetahui perbedaan dari 2 jenis biji kopi tersebut.

Bereksperimen dengan dua single origin yang berbeda akan membantu anda untuk menemukan profil rasa kopi sesuai dengan yang anda inginkan. Meski terkadang sulit untuk mengatakan bagaimana rasa kopi, akan tetapi jika sudah diminum, maka anda baru bisa mengerti bagaimana kenikmatan dari kopi tersebut.

  1. Bicara Dengan Penikmat Kopi yang Lain

Anda tidak akan bisa mengetahui profil rasa kopi lebih baik jika selalu menikmati kopi tersebut seorang diri. Sebaiknya anda diskusikan dengan sesama penikmat kopi lain sehingga bisa lebih mengerti tentang perbedaan biji kopi.

Sebagian pencinta kopi mengatakan jika kopi yang nikmat adalah kopi yang mempunyai aftertaste cukup lama. Sedangkan sebagian lagi mengatakan jika rasa kopi sulit diutarakan karena memiliki rasa yang kompleks sebab masing masing orang memiliki profil rasa kopi kesukaan yang berbeda beda.

Berdiskusi dengan sesama penikmat kopi tentunya akan memperluas wawasan anda tentang profil rasa kopi dan anda bisa lebih mengenal tentang apa itu roast date, profil rasa, origin dan lain sebagainya.

Sedangkan jika anda memutuskan untuk membeli kopi secara online, maka lebih baik jika anda mencari eCommerce yang bisa memberikan chat respon cepat sehingga pertanyaan anda tentang biji kopi yang akan anda beli bisa langsung dijelaskan.

Sesudah mengetahui profil rasa kopi, maka cara menyimpan kopi juga harus dipikirkan dengan baik. Menyimpan biji kopi sangat berhubungan dengan proses alami yang dikenal dengan sebutan degassing, pelepasan karbon dioksida serta jumlah senyawa yang akan dilepaskan juga akan berpengaruh dengan rasa kopi.

Untuk itu, solusi terbaiknya adalah dengan memiliki grinder manual di rumah sehingga anda baru akan menggiling biji kopi tersebut ketika akan dikonsumsi. Apabila anda menyimpan kopi dalam bentuk bubuk, maka proses alami tersebut akan berjalan lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *