Manfaat dan Efek Samping Kafein Bagi Tubuh

kafein

Swivelcoffee – Pencinta kopi tentu sudah mengetahui jika minuman ini mengandung kafein seperti yang juga ada dalam coklat, teh dan juga soda. Senyawa yang juga memiliki nama lain trimethylxanthine merupakan senyawa stimulan yang secara alami juga ada di dalam beberapa jenis makanan dan juga ditambahkan dalam obat obatan. Senyawa dalam kopi ini akan bekerja dengan cara menstimulasi sistem saraf pusat sehingga ketika dikonsumsi akan langsung menyerap dari darah ke jaringan tubuh. Namun, apakah anda tahu jika senyawa yang terkandung dalam kopi juga memiliki manfaat dan efek samping bagi tubuh?, ini penjelasan selengkapnya untuk anda.

Manfaat Kafein Untuk Tubuh

Minum secangkir kopi di pagi hari tidak hanya bisa meningkatkan mood dan memberi semangat untuk memulai hari, namun ternyata juga ada beberapa manfaat minum kopi yang diperoleh karena kandungan senyawa ini didalamnya.

  1. Bisa Menurunkan Berat Badan

Kafein yang terkandung didalam kopi bisa menurunkan berat badan atau setidaknya mencegah berat badan naik berlebihan. Hal ini bisa terjadi sebab zat tersebut bisa menekan nafsu makan sekaligus menstimulasi terjadinya termogenesis.

Termogenesis merupakan mekanisme tubuh yang bekerja dengan cara mengubah makanan menjadi panas dan energi sehingga efek dari senyawa ini bisa menyebabkan penurunan berat badan sehingga banyak digunakan dalam produk pelangsing tubuh.

  1. Meningkatkan Performa Ketika Olahraga

Kafein yang terkandung didalam kopi juga bisa meningkatkan endurance saat anda berolahraga khususnya jika dicampur dengan karbohidrat. Senyawa dalam kopi ini juga bisa meredakan gejala sakit otot hingga 48% yang biasanya terjadi sesudah berolahraga.

  1. Mencegah Penurunan Fungsi Otak

Senyawa kafein juga dihubungkan dengan penurunan risiko penyakit alzheimer dan parkinson. Dalam beberapa penelitian menghubungkan adanya hubungan yang bersifat protektif dengan mengkonsumsi kafein dalam jangka panjang dengan risiko mengidap kedua jenis penyakit tersebut. Sedangkan dalam penelitian yang berbeda juga dibuktikan jika senyawa ini bisa menghambat proses penurunan fungsi otak yang disebabkan karena usia lanjut.

Efek Samping Kafein Untuk Tubuh

Selain bisa memberikan banyak manfaat, namun ternyata efek samping yang bisa ditimbulkan dari senyawa ini juga cukup banyak dan akan berbeda beda untuk setiap orang.

  1. Meningkatkan Tekanan Darah

Kafein bisa meningkatkan lonjakan tekanan darah sesudah mengkonsumsi senyawa tersebut. Dalam beberapa penelitian mengatakan jika senyawa ini kemungkinan bisa menghambat hormon yang bertugas untuk membantu relaksasi dan dilatasi pembuluh darah.

Selain itu, kafein juga bisa memicu tubuh untuk menghasilkan hormon adrenalin yang bisa meningkatkan tekanan darah yang akan berlangsung selama 2 hingga 3 jam sesudah mengkonsumsi makanan atau minuman mengandung senyawa tersebut.

  1. Berbahaya Untuk Janin

Mengkonsumsi kafein lebih dari 300 mg juga bisa menyebabkan wanita mengalami keguguran dan juga menghambat pertumbuhan dan gangguan jantung pada bayi. Sedangkan jika dikonsumsi selama menyusui, maka bisa membuat bayi gelisah dan kesulitan untuk tidur karena akan diteruskan dari ibu ke bayi.

  1. Mengurangi Kesuburan Wanita

Mengkonsumsi kafein juga bisa mengurangi aktivitas otot di tuba falopi yang bertugas untuk membawa sel telur dari ovarium menuju rahim. Senyawa ini nantinya akan menghambat kerja sel yang berfungsi untuk membantu konrtaksi tuba falopi sehingga sel telur tidak bisa turun menuju rahim dan dibuahi oleh sperma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *