Menguak 6 Cara Membuat Kopi Enak ala Barista

cara membuat kopi

Swivelcoffee – Bisa dikatakan jika cara membuat kopi merupakan sebuah seni dan tidak hanya sekedar menyeduh kopi bubuk dengan air panas saja, tetapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan sehingga rasa kopi yang didapat juga sangat bervariasi. Nantinya, masing masing cara tersebut akan memberikan rasa kopi yang unik dan memiliki keunggulan tersendiri. Untuk anda para penikmat kopi, ada baiknya mencoba beberapa teknik yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Single Serve Coffee Machine

Cara membuat kopi menggunakan single serve coffee machine ini sangat cocok bagi anda yang tidak ingin repot dalam membuat secangkir kopi sebab kopi bubuk sudah dikemas dalam 1 kemasan dan sudah sesuai dengan takaran untuk 1 cangkir kopi yang dinamakan dengan coffee pad.

  • Anda hanya perlu memasukkan kemasan dalam mesin kopi dan tinggal didihkan sama seperti cara menggunakan mesin Espresso pada umumnya.
  1. Drip Method [Kopi Tetes]

Untuk cara membuat kopi yang juga disebut dengan filter method atau drip pot ini masih menjadi cara menyeduh kopi yang digemari karena lebih efisien dan sederhana.

  • Ada alat penyaring yang nantinya diisi dengan kopi bubuk diantara 2 cangkir.
  • Cangkir bawah akan diisi dengan air yang kemudian dipanaskan hingga mendidih.
  • Alat tersebut lalu dipindahkan dari kompor dan dibalik.
  • Air nantinya akan mengalir lewat saringan yang sudah diisi kopi bubuk.
  • Cairan tersebut nantinya akan menetes pada cangkir kopi yang sebelumnya berada diatas.
  1. Cold Water Method [Metode Air Dingin]

Cara membuat kopi dengan metode air dingin ini juga sering disebut dengan cold brew coffee. Untuk membuat kopi memakai cara ini dibutuhkan kesabaran sebab kopi harus didiamkan sekitar 12 jam dan baru bisa disajikan.

Pembuatan kopi ini dikatakan baik untuk perut yang sensitif dengan asam pada kopi. Selain itu, kopi ini bisa disajikan dalam keadaan panas, ditambah es batu atau dengan bahan lain seperti coklat dan ice cream. Pembuatan kopi ini mulai digandrungi di Indonesia khususnya di Jakarta. Sedangkan untuk racikannya bisa berbeda beda tergantung dari kreativitas barista.

  1. Vacuum

Cara membuat kopi berikutnya adalah dengan teknik vacuum atau disebut juga dengan siphon. Alat untuk membuat kopi ini terbilang cukup lambat dan prosesnya yang unik.

  • Untuk cara membuat kopi ini, air akan dipanaskan hingga mendidih dalam teko gelas.
  • Sedangkan diatas teko diletakkan sebuah bejana gelas yang sudah diisi dengan kopi bubuk.
  • Air panas nantinya akan naik ke gelas berisi kopi bubuk dan kemudian diaduk sekitar 1 menit.
  • Dalam gelas tersebut, kopi sudah bisa disajikan namun masih bersama ampas.
  • Sesudah suhu trko gelas bagian bawah dingin, maka air kopi di gelas akan turun karena gravitasi dan beda tekanan.
  • Ampas kopi akan tertinggal diatas karena sudah ditambahkan kertas saring dan kopi siap untuk dinikmati.
  1. Percolator [Penyaring Kopi]

Cara membuat kopi ini menggunakan percolator yakni alat pembuat kopi yang sudha lebih dulu digunakan sebelum metode kopi tetes ditemukan. Untuk sekarang, cara membuat kopi ini banyak ditemui di beberapa film kuno.

  • Air akan mengalir berputar lewat penampung yang ada di bagian bawah.
  • Nantinya kopi akan mengalir ke kopi bubuk diatasnya dan semakin naik hingga akhirnya menjadi secangkir kopi.
  1. Chemex

Cara membuat kopi dengan teknik Chemex ini diciptakan Dr. Peter Schlumbohm PhD tahun 1941. Desainnya terlihat elegan dan cara penggunaannya juga terbilang mudah sehingga hingga saat ini menjadi barang pameran di beberapa museum terkenal dunia.

  • Untuk cara membuat kopi memakai Chemex ini, anda hanya perlu menempatkan filter atau kertas penyaring diatas alat dan masukkan bubuk kopi.
  • Tuang air panas dengan perlahan dan tinggal menunggu kopi menetes dari filter.

Demikian ulasan dari kami tentang beberapa cara membuat kopi yang tidak hanya menggunakan alat pembuat kopi unik, namun juga menghasilkan citarasa kopi yang berbeda beda. Beberapa alat membuat kopi yang sudah kami sebutkan diatas sebagian tidak terlalu mahal namun sebagian lagi memiliki harga yang cukup tinggi dan bahkan sudah terbilang langka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *