Tidak Boleh Minum Kopi Dikhususkan Untuk 8 Kondisi Orang Ini

tidak boleh minum kopi

Swivelcoffee – Kopi menjadi salah satu jenis minuman yang sangat sering dinikmati setiap hari baik untuk pria dan juga wanita. Kopi banyak disukai karena citarasanya yang sangat unik sekaligus bisa memberi energi dan menghalau rasa kantuk sehingga banyak diminum para pekerja yang sering lembut. Kopi juga bisa dikreasikan menjadi banyak banyak jenis minuman kopi yang bahkan bisa digunakan untuk campuran membuat kue, permen dan lain sebagainya. Meskipun begitu, namun ternyata tidak semua orang bisa menikmati kopi karena beberapa kondisi tertentu membuat seseorang tidak boleh minum kopi karena berbagai alasan seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

  1. Selama Masa kehamilan

Ada dua alasan mengapa wanita hamil tidak boleh minum kopi yakni karena kafein dalam kopi bisa meningkatkan detak jantung bayi yang belum lahir. Selain itu, para peneliti juga tidak menyarankan kopi dikonsumsi selama hamil karena bisa meningkatkan risiko keguguran. Sedangkan dalam sebuah penelitian yang berbeda, batas kafein harus dibatasi hingga 200 miligram per hari selama kehamilan atau setara dengan 1 hingga 1 1/2 cangkir kopi per hari.

  1. Anak Anak

Anak anak juga tidak boleh minum kopi sebab mereka masih rentan terhadap efek kafein yang terkandung di dalam kopi jika dibandingkan orang dewasa. Ketika seorang anak terbiasa minum kopi dalam jumlah banyak, maka efek samping jangka panjang bisa terjadi.

  1. Ketika Mabuk

Banyak orang yang mengatakan jika minum kopi bisa mengembalikan kesadaran seseorang yang sedang mabuk. Akan tetapi meski kopi bisa membantu mengurangi sakit kepala karena mabuk, namun ini juga bisa memperburuk sakit kepala yang disebabkan karena menyempitnya pembuluh darah dan bisa juga meningkatkan tekanan darah. Selain itu, kafein juga tidak membuat orang tetap sadar namun hanya meningkatkan kewaspadaan seseorang saja sehingga orang yang sedang mabuk juga tidak boleh minum kopi.

  1. Ketika Sedang Sakit

Seseorang juga tidak boleh minum kopi ketika sedang sakit. Kopi bukan menjadi minuman terbaik selama sedang sakit sebab bisa menyebabkan penderita mengalami dehidrasi sehingga tidur ketika malam selama sedang sakit juga semakin sulit dilakukan. Kopi juga akan membuat perut terasa tidak nyaman sehingga mual dan muntah selama sakit nantinya juga bisa meningkat.

  1. Memiliki Tekanan Darah Tinggi

Jika anda memiliki tekanan darah tinggi, maka anda masuk dalam daftar orang orang yang tidak boleh minum kopi. Minum secangkir kopi memang bisa memberikan energi ekstra, akan tetapi efek samping yang terjadi ketika kopi diminum terlalu berlebihan adalah melonjaknya tekanan darah melebihi batas normal. Jika penderita tekanan darah tinggi masih ingin minum kopi, maka harus dibatasi tidak melebihi 3 cangkir per hari.

  1. Menderita Sakit Maag

Seseorang yang memiliki sakit maag, sindrom iritasi usus, gastritis dan juga penyakit Crohn juga tidak boleh minum kopi karena kafein dan senyawa lain yang terkandung didalam kopi bisa membuat lambung iritasi dan mengikis lapisan lambung.

  1. Penderita Osteoporosis

Kopi bukan menjadi minuman ramah untuk tulang. Kandungan kafein dalam kopi bisa meningkatkan pengeluaran kalsium bersama urin sebab sifat diuretik dalam kopi sehingga anda bisa kehilangan kalsium dalam jumlah banyak setiap kali buang air kecil. Penderita osteoporosis tidak boleh minum kopi dan asupan kopi harus dibatasi sekitar 2 cangkir saja per hari.

  1. Memiliki Kolesterol Tinggi

Salah satu efek samping dari kopi khususnya kopi tanpa filter yang diminum terlalu berlebihan adalah bisa meningkatkan serum dan kolesterol LDL yakni jenis kolesterol jahat. Hal ini bisa terjadi karena pada kopi tanpa filter mengandung zat seperti kahweol dan cafestol yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda.

Meski dalam kopi memiliki kandungan antioksidan dan beberapa zat lain yang baik untuk tubuh, namun dalam beberapa kondisi tertentu, seseorang juga tidak boleh minum kopi karena bisa menyebabkan gangguan pada tubuh termasuk mengembangkan beberapa jenis penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *